tugas psikologi manajemen violin 20191100071

 Halo nama saya Violin Dhia Haranti, beberapa saat lalu saya mengikuti test DISC profile (dominance, influence, steadiness, compliance). Saya merupakan dominance, sebagian besar tidak merealisasikan diri saya sendiri. 


- [ ] Karanteristik umum

Saya sebagai anak kedua, bukanlah orang yang pengambil risiko maupun pemecah masalah di dalam keluarga saya dan saya bukan orang yang inisiatif jika bukan dari diri saya sendiri.

- [ ] Nilai untuk tim

Saya setuju dengan menjunjung nilai, karena saya suka realitis saat itu juga, dan dianggap pemikiran rasional.

- [ ] Kekurangan

Semua betul, karena saya suka beragumen yang menurut saya tidak sesuai dengan keadaan ataupun secara rasional atau disebut berbicara secara terus terang, sehingga saya sering kehilangan teman.

- [ ] Ketakutan terbesar

Betul, selain saya suka terus terang, saya takut dimanfaatkan karena saya merasa teman saya baik kepada saya saat mereka butuhkan, pada saat saya butuh mereka tidak ada dan saya juga merasa tidak dihargai bila sudah ditolong tetapi menganggap diri saya tidak pernah melakukan hal tersebut.

- [ ] Hal yang membuat termotivasi

Menurut saya yang paling sesuai adalah kekuatan untuk mengambil risiko dan keputusan, dimana jika saya memiliki sifat yang terus terang maka saya siap di jauhkan oleh orang sekitar saya, dari pada saya berdampingan dengan orang yang membuat hidup saya gelisah.











Setiap manusia mempunyai blueprint masing-masing dengan cara menemukan sendiri dengan cara yang berbeda-beda.

 

Siapa saya?

Sebagai manusia, kita harus memahami diri kita sendiri. Agar dapat mengetahui arah tujuan kedepannya. Wajar jika sering gagal, karena sebagai manusia pasti mengalami try and error masing-masing. Maka dari itu, kita dapat belajar untuk memaafkan atas kesalahan yang telah dilalui, dengan begitu kita mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Belajar humandesign bukan untuk meramal kita kedepannya, melainkan untuk mengetahui tipe diri, strategi untuk menghadapi masalah, potensi apa yang kita miliki dari Tuhan, dan cara pengambilan keputusan. Dari web human design mengisi biodata lengkap termasuk jam lahir, karena setiap manusia saat lahir sudah menjadi manusia individu yang memiliki watak yang berbeda. Yang dapat memahami diri kita yaitu diri sendiri melalui menemukan jati diri dengan mengendalikan emosi, mengendalikan pikiran, dan mengetahui arah dan tujuan kita hidup kedepannya menjadi apa. 


Tuliskan catatan poin penting dari obrolan tersebut kemudian lakukan refleksi diri

terhadap potensi yang Anda miliki!

 

    sebagai manusia pasti mempunyai bakat dan skil masing-masing, dalam konteks ini saya menyadari mempunyai skill dan cita-cita dalam bidang kuliner, tetapi sebelum saya menyadarinya saya suka sekali dengan berenang. 


• Tentukan mimpi dan tujuan Anda kuliah? Karir/profesi apa di masa depan yang ingin

Anda kuasai?


mimpi saya adalah sebagai chef, dan saya mengambil jurusan manajemen perhotelan karena sedikit relate, selain saya sebagai chef saya ingin mempunyai restoran sendiri dan tentunya untuk memanage segalanya membutuhkan ilmu yang dalam dan tentunya perlu di perdalami, agar usaha yang dijalankan tidak berantakan di tengah jalan. saya ingin melanjutkan karir di Negara Germany mengikuti program ausbildung selama 3 tahun yang mendukung impian dan cita-cita saya.



• Apa yang menjadi motivasi Anda untuk meraih mimpi tersebut? 


saya menyukai dibidang kuliner karena sekitar saya sebagian melakukan hal tersebut, dan pada saat saya sekolah menengah pertama mendapatkan pelajaran memasak yaitu membuat donat dan bubur manado, dan nenek saya adalah penjual kue di Bangka Belitung beliau memasak tidak menggunakan resep buku tetapi dengan perasaan. Mulai saat itu saya mulai menyukai dibidang kuliner, saya mendalaminya dan saya mulai mempraktekkannya. Motivasi saya untuk pergi ke germany adalah alm papa saya yang menyarankan saya untuk mengikuti program tersebut sebelum beliau meninggal dunia. dan tentunya motivasinya karena diri sendiri, untuk menunjukan kepada orang lain bahawa saya bisa saya mampu menjalankan apa yang saya sukai. 



menurut hasil https://www.myhumandesign.com/get-your-chart/







Dari chart properties 

saya merupakan energi kekuatan untuk orang lain, karena menurut saya pribadi saya merupakan orang yang merespon orang lain dan saya selalu berkorban untuk orang lain, daripada memikirkan diri sendiri. saya juga merupakan orang spontanitas, kemauan yang keras, dapat mengendalikan emosi dan pikiran dan kepercayaan diri yang tinggi, dimana jika saya mempunyai impian saya harus meraihnya, dan saya orang tidak bisa terjadwal, walaupun spontan semua kegiatan saya masih dapat saya kendalikan, jika saya emosi lebih baik saya memendam perasaan sendiri. saya termasuk orang yang dibawa santai,berpikir luas, rasional dan tidak suka yang berbelit-belit. Saya suka pegunungan karena pemandangan yang masih asri dan jauh dari hiruk ibu kota yang banyak polusi, tetapi menurut saya sejauh apapun kita sebagai manusia untuk healing tidak akan berhasil jika kita tidak dapat memaafkan diri sendiri.


a. Apa yang Anda inginkan?

yang saya inginkan adalah mempunyai restoran sendiri dan saya sebagai chefnya. 

b. Mengapa itu penting bagi Anda?

karena, impian tersebut terlahir sejak saya SMP

c. Jika itu berhasil diraih, siapa saja yang akan merasakan manfaatnya?

tentunya keluarga dan kucing jalanan, karena kalau saya menjadi orang sukses saya dapat memberangkatkan keluarga saya umrah dan juga hati, dan saya ingin membangun rumah untuk kucing jalanan, karena saya mengingat kucing yang saya sayang meninggal. 

d. Kekuatan apa yang bisa Anda kerahkan untuk mewujudkannya?

tentunya uang, selain uang kita dapat berdoa dan bekerja keras untuk menghasilkan uang maka Tuhan akan membantu jalan kita dan tentunya ilmu yang di perdalami selama ini.

e. Bagaimana cara Anda untuk mewujudkannya?

dengan cara setelah saya lulus saya akan bekerja lalu setelah semuanya terkumpul saya mendaftarkan driri, tentunya dengan restu orang tua











Comments

Popular posts from this blog

TUGAS UAS PSIKOLOGI